Postingan Terbaru

Jumat, 22 Juli 2011

Contoh Pidato

Contoh Pidato - Menyusun sebuah naskah pidato bukanlah hal yang mudah, karena memang dibutuhkan kata kata yang tepat untuk mengisi naskah pidato yang sesuai dengan tema suatu acara dimana disampaikannya sebuah pidato. Jika anda diminta menyampaikan sebuah pidato tapi bingung gimana menyusun isi pidatonya, tenang aja, disini saya memberikan beberapa contoh pidato, dimana kalian bisa menggunakan keseluruhan contoh naskah pidato disini untuk kamu gunakan dalam pidatomu atau juga bisa hanya sekedar mengutip kumpulan contoh naskah pidato disini.

Memang disetiap acara resmi biasanya selalu ada pidato, pidato perpisahan, pidato kemerdekaan, dan pidato pidato yang laen. Hmm..langsung saja ya, ni beberapa kumpulan contoh naskah pidatonya :

Contoh Pidato Bahaya Merokok

BAHAYA MEROKOK

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Madrasah Aliyah Sabilul Ulum Mayong Jepr, yang saya hormati Drs. Slamet Nurhadi selaku pembimbing I, yang saya hormati Ibu Siti Ma’rifah selaku pembimbing II, serta teman-temanku yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah klita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayahNya kepada kita sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul tanpa ada halangan apapun.

Sholawat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafangatnya di yaumul kiamah.
Amin….

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato bertema “BAHAYA MEROKOK”

Hadirin yang nerbahagia,
Rokok bukanlah hal asing lagi bagi kalangan kita karena setiap jam, setiap hari, pasti kita jumpai, dan juga banyak orang yang tahu bahaya merokok, tapi tidak banyak yang peduli.
Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok.
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

Hadirin yang berbahagia,
Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang. Masalahnya adalah, udara yang mengandung asap rokok, dan anda hisap, akan mengganggu kesehatan, karena asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, diantaranya :

TAR Mengandung bahan kimia yang beracun, sebagainya merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.
NIKOTIN Salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan
KARBON MONOKSIDA (CO) Gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

Hadirin yang berbahagia,
Semua orang yang biasanya perokok berat bisa juga berhenti merokok begitu saja, beberapa alasan untuk berhenti merokok antara lain sebagai berikut :
1. Wajah keriput
Merokok dapat mengurangi aliran oksigen dan zat gizi yang diperlukan sel kulit Anda dengan jalan menyempitkan pembuluh darah di sekitar wajah. Sehingga akan menyebabkan keriput.
2. Gigi berbercak dan nafas bau.
Partikel dari rokok sigaret dapat memberi bercak kuning hingga cokelat pada gigi Anda, dan ini juga akan memerangkap bakteri penghasil bau di mulut Anda. Kelainan gusi dan gigi tanggal juga lebih sering terjadi pada perokok.
3. Anda dan di sekitar’ menjadi bau.
Rokok sigaret memiliki bau yang tidak menyenangkan dan menempel pada segala sesuatu, dari kulit dan rambut Anda sampai pakaian dan barang-barang di sekitar Anda. Dan bau ini sama sekali bukan hal yang membangkitkan selera pasangan maupun teman-teman.
4. Tulang rapuh
Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara merokok dengan osteoporosis pada pria dan wanita. Sebuah penelitian mengamati kasus patah tulang pinggul pada wanita lansia, dan menyimpulkan bahwa satu dari 8 kasus patah tulang itu disebabkan oleh kehilangan massa tulang yang disebabkan oleh merokok.
5. Kebakaran
jika Anda ceroboh, saat merokok clan membuang puntung rokok yang masih menyala ke sembarang tempat dapat menyebabkan kebakaran.
Hadirin yang berbahagia,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya. Apabila ada kesalahan dalam saya menyampaikan pidato saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabilahitaufik walhidayah,
Wasalamualaikum, Wr. Wb. Sumber

Contoh Pidato Tahun Baru Hijriyah

Assalamu’alaikum wr.wb

Alhamdulillahilladzi an’ama ‘alaina bi ni’matil iman, wal islam. Asyahadualla ilaha illaloh,wasyhadu anna Muhammadarrosullulah. Allohuma sholi ‘ala Muhammad wa’ala ali syaidina Muhammad amma ba’du

Hadirin sekalian yang berbahagia
Pada hari ini kita semua tengah memperingati hari besar 1 Muharam, oleh karena itu patutlah kita bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih dapat menikmati apa yang diberikan oleh Allah di muka bumi. Dengan memasuki tahunm baru ini membuat kita sadar bahwa umur kita bertambah satu dari 17 menjadi 18 dan begitu pula seterusnya. Namun patut kita sadari juga bahwa dengan bertambahnya satu tahun, maka semakin satu tahun kita menambah kesempatan dalam mencari dan beramal soleh.
Dan dengan memasuki tahun baru ini hendaknya kita mengoreksi segala perbuatan kita pada masa lalu atau pada hari yang telah lampau. Koleksilah diri kita masing-masing dengan kacamata agama. Kita buat neraca atau perbandingan selama satu tahun yang kita tinggalkan itu banyak perbuatan yang melanggar syariat Islam atau banyakkah perbuatan yang diridloi oleh Allah. Kalau misalnya dalam satu tahun itu kita banyak berbuat amal baik , itu menunjukkan bahwa tingkat keimanan kita semakin bertambah. Begitu pula sebaliknya, jika kita selama satu tahun itu banyak amalan jeleknya, maka haruslah lebih memperbaiki keimanan kita.

Hadirin sekalian yang berbahagia
Dengan datangnya tahun baru Muharam 1432 H ini membuat umur kita bertambah, maka gunakanlah sisa umur yang ada dengan amalan atau aktivitas yang sesuai dengan norma agama, dan itulah sebaik-baiknya tindakan manusia yang cerdik. Sesuai dengan hadist Rasul SAW:
“ sebaik-baiknya manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya dan sejelek-jeleknya manusia adalah yang diberi umur panjang dan jelek amalannya (perbuatannya)”. (HR Ahmad)

Berangkat dari hadist tersebut, maka dari hari besar Islam ini marilah kita koreksi diri utamanya pada hari 1 Muharram 1432 ini, kita perbanyak amalan-amalan yang bagus. Itulah makna sebenarnya dalam memperingati 1 Muharam ini.

Demikian sambutan dari saya, mudah-mudahan apa yang kita sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Rabbal alamin.


Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah maupun kehilafan. Sekali lagi saya direktur utama PT. Jaya Sentosa mengucapkan “Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1432 H”.
Akhirul kalam, uushikum wa nafsii wa-iyyaaya bitaqwallahi.
Wassalamualaikum wr.wb Sumber

Semoga beberapa contoh pidato diatas bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi tentang kumpulan contoh naskah pidato, dan jika anda membutuhkan informasi tentang contoh makalah, bisa anda simak di postingan saya sebelumnya di blog saya the lounge ini.diterbitkan oleh Al-hAq's cOmmuNitY

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles